kerja di KOREA..

assalamu alaikum..
uuppss...ketemu lagi.. dulu gue pernah nulis yang kek ginian..cuman sedikit. sekarang gue tambahin,,ya..?? gpp dunk.?? kan blog gue..jadi mau di corat coret yaa..suka ~ suka gue..hahaha.. gue mau cerita.. bagi yang pengen kerja di korea.. yang kebetulain lolos seleksi di depnaker..syukur alhamdulillah.. bagi yang kagak lolos..kagak usah nangis..siapa tahu tahun berikutnya lolos..hehe
di korea ntu..ada 4 musim,, musim dingin,,musim semi,,musim panas,,dan musim gugur.. kalau musim dingin kadang dapat libur,,coz..kalau lagi ujan salju gede..kagak mungkin dunk kendaraan mondar mandir.. jadi biasanya si bos ngeliburin karyawan.. tapi kalau yang dapat mess istilah koreanya ( kisuksa ) biasanya ga libur..coz mess nya kan ada di pabrik.. kalau musim semi,,musim panas,musim gugur.. jalan terus ntu pabrik ..kagak ada berhentinya.. biasanya libur musim dingin ada..tapi cuman 3 hari,,istilahnya apa ya..?? solal kayaknya hehehe..ntr dapat bonus juga loo..buat liburan.biasanya sekitar 200 ribu won,,atau Rp.1.500.000..buat 3 hari.. begitu juga pas musim panas...ada liburan musim panas..dapat bonus juga dunk tentunya..hehehe..
mau kerja yang gajinya gede..?? di korea ntu yang gajinya gede antara lain : konstruksi bangunan,,welding (tukang las),,peleburan baja dan kerjaan musiman..istilah koreanya ( arbait ) seperti pas waktu panen buah,,semangka ,melon dll..
untuk kerja yang selain arbait tadi..gajinya satu hari bisa 100 ~ 150 ribu won berkisar 700 ~ 1jt rupiah.. untuk arbaitan / kerja musiman satu hari ada yang 300 ribu won berkisar Rp.2.100.000.. untuk selain yang di atas paling satu bulan dapat 1.500.000 won bisa kurang bisa juga lebih..kalau 1.500.000 won berkisar Rp.10.500.000.per bulan ya..?? bukan di hitung per hari..
untuk kerjaan di restoran atau warung makan istlah koreanya (siktang) paling satu bulan cuman dapet 800.000 won sampai 1jt won.. kalau kagak betah di mess(kisuksa)..bisa juga sewa apartemen atau one room..satu bulanya cuman 150 ~ 200 ribu won..belum termasuk listrik sama bayar gas loohh..listrik sama gas ntu tergantung pemakaian..makanya jangan boros.. untuk makan perbulan satu orang,,kalau super ngirit bisa 300 ribu won ..kalau boros ..hehehe..satu bulan gaji aja habiss.. :)
kalau pengen punya kendaraan motor..ntu super murah..yang bekas 200 ribu won aja dapat motor matick.. kalau mobil yang bodong / mati surat suratnya..500 ~ 1jt won.. kalau mobil resmi / kagak mati surat suratnya 2jt won ke atas... ntu juga tergantung mobilnya siihh..yang 1jt 700 juga ada..kayak merk tibron,,avante,,ntu mobil resmi tapi murah..
bagi yang muslim..maaf saja ya..?? untuk waktu sholat dan puasa romadhon ntu yang susah..jadiii elu kudu ngorbanin kerjaan apa ibadah..tinggal pilih..coz orang korea ntu kagak mau tahu.. makanya ati ati / pikir pikir dulu sebelum ke korea..yang gue lihat di sana jauhh dari yang namanya muslim.. coz sholat di tinggal,,puasa juga kagak..persis kayak orang non muslim..naudzubillah.. sekian dulu dechh..gampang gue sambung lagi..oke,,?? wassalam..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kehidupan TKI korea

Mana yang benar untuk penggunaan Laptop, Charge terus atau saat lowbat saja?