CANTENGAN PADA JEMPOL KAKI DAN CARA PENGOBATANYA


Assalamualaikum..
Cantengan pada jempol kaki,yaitu yang di maksud adalah ingrown toenail..yupz,,dari bahasanya tentunya sudah terbayang apa itu ingrown toenail..yakni tumbuhnya kuku.dalam hal ini kuku jempol,ke jaringan sekitar kuku (samping kanan/kiri)..
Pada normalnya harusnya kuku itu tumbuh lurus kedepan,sebagai akibatnya terjadilah cantengan..jaringan yang tertusuk itu menjadi radang dan infeksi..dalam bahasa kedokteranya cantengan itu di sebut onychocryptosis..
LALU APA YANG MENYEBABKAN KUKU TUMBUH MENYAMPING?
Kuku yang tumbuh menyamping di sebabkan oleh adanya trauma (bisa karena memotong kuku terlalu pendek).atau benda asing pada bagian samping/pinggiran batas antara kuku dan kulit yang menyebabkan peradangan atau infeksi.peradangan tersebut akan mengakibatkan jaringan kulit menjadi lunak (lembek) dan jaringan kuku menjadi menebal dan terpacu untuk terus tumbuh tapi tak beraturan. Sebagai akibatdari dua keadaan tersebut(kulit lembek/lunak+kuku yang terus tumbuh) maka terjadilah pertumbuhan kuku kesamping yang akhirnya menjadi cantengan..kondisi tersebut sering terjadi pada kuku besar seperti kuku jempol kaki..
Gejala yang timbul akibat cantengan ini,diantaranya : jempol kaki terasa sangat sakit (apalagi kalau tersenggol),ngenyut,di sekitar kuku bengkak,merah danbahkan sering sampai bernanah..pada kasus berat dapat menimbulkan pembengkakan pada limfe di lipat paha,sehingga lipat paha terasa sakit dan sering kali di sertai badan demam..
APA YANG HARUS KITA LAKUKAN UNTUK MENGOBATI CANTENGAN PADA JEMPOL KAKI?
PEAWATAN DI RUMAH YANGDAPAT DI LAKUKAN.
Rendam kaki
Lakukan perendaman pada kaki yang terlibat menggunakan air hangat bercampur garam selama  ± 15 menit sebanyak 2 sampai 3 kali sehari..hal ini bisa mengurangi bengkak  dan nyeri pada cantengan..
Cream antibiotik
Setelah di lakukan perendaman olesi jempol yang cantengan dengan Cream antibiotik kemudian di balut tipis dengan kasa  steril.jika tidak ada Cream antibiotik bisa menggunakan rivanol.
Kompres rivanol
Basahi kasa steril dengan rivanol kemudian tempelkan,sedikit di peras pada permukaan kuku yang cantengan biarkan 30 sampai 60 menit ,lakukan 2-3 kali sehari..
Minum obat penghilangrasa sakit
Minumlah obat penghilang rasa sakit yang di jual bebas di toko obata atau apotek,contohnya ibuprofen,parasetamol,asam menefamat dsb..namun perhatikan brosurnya dan minumlah seperlunya..
Pilih alas kaki terbuka
Jangan menggunakan alas kaki yang tertutup,apalagi sempit contohnya sepatu,gunakan alas kaki yang pada bagian jempolnya terbuka, yaitu sandal..
KAPAN HARUS KE DOKTER?
Jika anda melakukan perawatan di rumah seperti tersebut di atas? Namun tak kunjung sembuh bahkan terdapat nanah dan kulit memerah meluas,dan demam,sebaiknya berobat ke dokter..
Pengobatan dokter untuk mengobati cantengan antara lain :
Mengangkat kuku
Untuk kuku yang tumbuh kesamping hanya sedikit.(kemerahan dan nyeri tapi tidak ada nanah) dokter akan menempatkan kapas,benang gigi atau belat di bawah tepi kuku untuk memisahkan kulit dan kuku di atasnya.tinadakan ini akan membantu kuku agar tumbuh di atas tepi kulit..
Membuang sebagian kuku
untuk kuku yang tumbuha lebih dalam dan parah (kemerahan nyeri dan bernanah) dokter akan memangkas atau membuang bagian kukuyang menancap dalam istilah kedokterannya di sebut onycotomi partial (partial extraction of thr nail) sehingga jaringan di sekitarnya terbebas dari tancapan kuku,sebelum melakukan prosedur ini terlebih dahulu di lakukan penyuntikan obat bius agar tidak merasakan sakit.






Sebelum dan sesudah melakukan partial extraction

Mencabut kuku
Untuk cantengan yang parah (kiri/kanan) dan sering berulang ,dokter mungkin menyarankan untuk melakukan pencabutan kuku ,sebelumnya bisa di lakukan pembiusan lokal .kuku  yang di cabut akan tumbuh lagi dengan kuku yang baru sementara peradangan pada kulit akibat tertusuk kuku akan sembuh sebab tuntas sudah masalahnya.
Setelah melakukan tindakan tersebut,dokter juga memberikan resep obat minum antibiotik  dan penghilangras nyeri.
Langkah berikutnya lakukan pencegahan agar tidak kambuh lagi
MEMOTONG KUKU DENGAN BENAR KHUSUSNYA JEMPOL KAKI
• potong kuku jangan terlalu pendek hingga menimbulkan trauma dan luka pada kulit.
• potonglah kuku dengan lurus (pinggir kanan kiri sama ratakan dengan tengah),jangan membentuk kurva pada tepi,apalagi terlampau pendek.







pemotongan kuku yang benar dan salah





MENGGUNAKAN PELINDUNG KAKI
© gunakanlah sepatu apabila melakukan pekerjaan yang berat dan berisiko tinggi terjadinya trauma pada kuku atau resiko masuknya pasir,tanah atau lumpur pada kuku..
HINDARI SEPATU SEMPIT
©jangan menggunakan sepatu sempit sebab akan menimbulkan tekanan yang membuat trauma tepi kuku,dan membuat kuku tumbuh kesamping.

Sekian dulu semoga bermanfaat..wassalam..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kehidupan TKI korea

kerja di KOREA..

Mana yang benar untuk penggunaan Laptop, Charge terus atau saat lowbat saja?