2 tahun tergantung..





    Jam 5 sore,,sehabis sholat ashar...Q duduk di teras rumah..
    smua karyawan sudah plg ke rumah masing-masing..gadis mungil datang mendekatiku.

    Dia bertanya,,kapan berangkat mas?? Aku menoleh,,dan kuberikan sedikit senyum..
    ku jawab dengan lemah lembut.."nanti malam aku berangkat"..dia kemudian mengambil tempat duduk di sampingku..Aku terus menatapnya,,dia tersipu malu kepadaku..Kamu mau oleh oleh apa?? tanyaku kepadanya..Dia menjawab,,ga ada mas...kemudian aku tertawa..diapun ikut tertawa..Panggilan dari dalam rumah mengagetkanya,,dan dia bergegas melakukan tugasnya..Aku hanya tersenyum menatap kepergianya..Suara adzan maghrib terdengar di telinga..Aku bergegas masuk ke bilik tempat di mana aku melakukan sholat..Jam 7 malam..aku cek smua barang bawaanku..sudah,,sudah komplit kataku dalam hati.10 malam,,kakiku kunaikan ketangga bus jurusan jakarta..kursi pesanan telah menunggu..kuhempaskan diri di atasnya..Terbangun saat laju kendaraan mulai lambat..memasuki arena parkiran gerobak besi bermesin..Geliat tubuhku beriringan bangkitnya tulang rusuku dari kursi penidur..ku ambil bawaanku,,sambil berjalan menuju kedai kopi...Bu,,minta kopinya segelas,,kataku kepada ibu penjual kopi..Dia dengan cepat membuatkan aku segelas minuman beraroma..sambil menyodorkan hasil buatanya ibu itu tersenyum kepadaku..Mau ke luar negri de????? katanya lembut kepadaku..iya Bu,,jawabku..mau kerja di mana????? katanya lagi..ke negri salju...jawabku...30 menit,,tak terasa..akupun bergegas meninggalkan ibu yang baik hati..8 pagi..sampai sudah aku di penampungan..kurebahkan 70 kilogram beratku ke atas kasur yang tidak begitu nyaman buatku..terlelap..terlelap dalam mimpi yang aku sendiri tidak bisa mengingatnya..SINGKAT CERITA,,Jam 7 malam berikutnya,,ku injakan sepatu baruku..di bandara sukarno hatta..seorang pembimbingku berkata,,"kamu masuk pintu 16,,pesawatnya sudah menunggu"....Aku hanya menganggukan kepala...ku berjalan masuk tanpa teman..kesendirian membuat hampa suasana..senyum ramah pramugari..iringi kehampaan hati..no 39,,kursi peristirahatanku..8 jam..pesawat meluncur..menuju negri sakura,,colekan seorang pramugari..mengagetkanku..Dia memberitahuku..bahwa pesawat akan mendarat..Aku sadar bahwa sebentar lagi sampai..Waktu transitpun tiba..Aku bergegas menuju pesawat pengganti,,2jam perjalanan menuju ladang penghasil uang..Tiba sudah diriku di tengah tengah orang bermata sipit..dua orang datang menjemputku,,dan menghantarkan diriku menuju tempat dimana keringatku akan diperas..1jam pelampung besi dilepaskan tali ikatanya..Aku hanya termenung,,dan melihat dari atas buritan..gelembung gelembung air yang besar,,dan suara mesin yang menderu deru...menjauhkan diriku dengan daratan..15 hari perjalanan,,sampai sudah pelampung besi ini di tempat tujuan...1 bulan,,2bulan,,3 bulan,,sampai 20 bulan,,kakiku rindu akan pijakan yang berdebu..terapung di air negrinya OBAMA..singkat aja,,jam 7 pagi pelampung besiku menempelkan diri ke tepi batuan buatan...air mataku menetes begitu melihat kendaraan berlalu lalang..AlLHAMDULILLAH...akhirnya sampai juga ke tempat awalnya perpisahan dengan debu dan batuan...sampai sekarang aku masih teringat..betapapun dasyatnya rayuan..tidak akan aku ulangi yang seperti itu lagi..serasa dipenjara yang tidak ada jalan keluarnya..SOBAT SEKIAN DULU ...CERITAKU.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    kehidupan TKI korea

    kerja di KOREA..

    Mana yang benar untuk penggunaan Laptop, Charge terus atau saat lowbat saja?