'' sakura '' bukan kura ~ kura

assalamua'laikum..bulan papat,,ngerti ora??..wulan april,,hehe.... neng kene suhune esih semadan atis..yaa kadang akeh angin birat birut..tapi wes ora atis nemen sich,,wes laka salju..kie wes mlebu musim semi,,musim dingine wes ilang..kembang ~ kembang neng pinggir dalan wes pada mruntus / mencingis..gkgkgk.ngerti mruntus / mencingis ??..yaa gampangane jare wong jakarta kwe mekar / bersemi...wes tahu weruh kembang sakura apa durung??.. angger durung kie tak upload fotone..dileng oouughh..!!!weruh oo ya??..kwe kaya kwe kembange,,metune sa'tahun sepisan..paling suwe ~ suwene 2 minggu terus pada mrotoli ..pada gugur tiba pating tepluk neng lemah...adong ke gawa angin yaa..mabur ~ mabur oo...adong wes musime kaya kie wong kene pada metu..ora pada gringkel nen njero umah maning,,sebabe suhune ora atis kaya adong musim dingin..bisane di arani sakura kembange??.. kwe jare wong jepang arane  '' saku '' sing artine mekar,,tapi di tambahin akhiran '' ra ''..sing artine jamak..berarti adong di gandeng ''sakura'' mekar bareng / mekare rombongan.. ndean kwe taa...aku dewek ora paham.... gkgkgk...secuil tak cerita nganggo bahasa wong indonesia bagian jakarta..

Konsumsi bunga sakura

Daun dan bunga sakura yang sudah direndam di dalam air garam (shiozuke) dimanfaatkan untuk bahan makanan karena wanginya yang harum. sakura mochi adalah kue mochi yang dibungkus daun sakura. Ada juga es krim dan kue kering rasa bunga sakura. Teh bunga sakura umumnya diminum pada kesempatan istimewa seperti pesta pernikahan. Ranting dan kuncup bunga sakura juga digunakan sebagai bahan pewarna alami.



Jenis-jenis


Bunga sakura Ukon (Prunus lannesianaWilson cv. Grandiflora)

Kanhizakura (Prunus campanulataMaxim)

Yamazakura
Sebagian besar jenis pohon sakura merupakan hasil persilangan, misalnya jenis someiyoshino yang tersebar di seluruh Jepang sejak zaman Meiji adalah hasil persilangan pohon sakura di zaman Edo akhir. Sakura jenis someiyoshino inilah yang sangat tersebar luas, sehingga kebanyakan orang hanya mengenal someiyoshino (yang merupakan salah satu jenis sakura) sebagai sakura.
Pada zaman dulu sebelum ada jenis someiyoshino, orang Jepang mengenal bunga sakura yang mekar di pegunungan yang disebut yamazakura dan yaezaki no sakura sebagai sakura. Di saat mekarnya bunga sakura, ribuan batang pohon Yamazakura yang tumbuh di Pegunungan Yoshino (Prefektur Nara) menciptakan pemandangan menakjubkan warna putih, hijau muda, dan merah jambu.
Beberapa jenis sakura:
  • Edohigan
Edohigan adalah sakura yang mekar di Hari Ekuinoks Musim Semi dan bunganya paling panjang umur. Jenis-jenis lain yang serupa dengan edohigan adalahishiwarizakura dan yamadakashinyozakura yang termasuk pohon sakura yang dilindungi. Miharutakizakura adalah salah satu jenis edohigan yang rantingnya menjuntai-juntai, sedangkan yaebenishidare dikenal daun bunganya yang banyak dan warnanya yang cerah.
  • Hikanzakura
Hikanzakura atau disebut juga kanhizakura adalah sakura yang tersebar mulai dari wilayah Tiongkok bagian selatan sampai ke Pulau Formosa. Kanhizakurabanyak ditemukan tumbuh liar di Prefektur Okinawa. Bagi orang Okinawa, kata "sakura" sering berarti hikansakura. Pengumuman mekarnya bunga sakura di Okinawa biasanya berarti mekarnya hikanzakura. Di Okinawa, kuncup bunga hikanzakura mulai terbuka sekitar bulan Januari atau Februari. Di Pulau Honshu, hikanzakura banyak ditanam mulai dari wilayah Kanto sampai ke Kyushu dan biasanya mulai mekar sekitar bulan Februari atau Maret.
  • Shidarezakura

Bunga sakura jenis shidare (Shidarezakura)
  • Fuyuzakura
Fuyuzakura (sakura musim dingin) adalah jenis pohon sakura yang bunganya mekar sekitar bulan November sampai akhir bulan Desember. Onishimachi diPrefektur Gunma adalah tempat melihat fuyuzakura yang terkenal.

wes lah..samene bae..teol nulise..terus durung adus..
tak adus ndisit ya umm..
wassalam...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kehidupan TKI korea

kerja di KOREA..

Mana yang benar untuk penggunaan Laptop, Charge terus atau saat lowbat saja?