penipuan calon TKI

Assalamualaikum..
gue ada sedikit cerita..waktu ntu gue ngedaftar ikut training ke jepang..di salah satu PJTKI di jakarta selatan.. gue tiga orang dari rumah,,ada dua orang temen yang baru ketemu tapi satu bis berangkat ke jakartanya.. pertamanya siih gue rada bingung gitu..sebab ini baru pertama kalinya..
gue berangkat juga karena tetangga gue yang narik ngikut seleksi..dulu biaya keseluruhanya 25 juta rupiah.. banyak juga yaa..?? tapi gpp,kan ntr balik modal..pikir gue dulu gitu.. setelah sampai di kantor PJTKI yang di tuju,,waktu ntu masih pagi,jadi kantor masih tutup.. gue nunggu di depan sambil melongo kayak kebo PDIP...oee ooee..hahaha
tepat jam 9 pagi kantor di buka pintunya,dan kami pun di persilahkan masuk ke dalam.. nahh...saat ntu kami di suruh ngisi formulir..pake bahasa inggris lagii..huufft..rempong deehh..hikz tapi di bantu juga sih sama orang dalam..biar kagak salah...hehehe
setelah semua selesai..tetangga gue yang ngajak ntu ngomong begini,aku di sini udah jadi karyawan..kamu tenang aja.. ntr bisa lolos.. yaahh waktu ntu gue percaya saja apa yang dia bilang..maklum masih O'ON..hehe. setelah urusan pendaftaran selesai..kami pulang deech ke TEGAL.. beberapa hari kemudian,kami di panggil lagi untuk interview dan medikal..
sebelum berangkat ,,biasa kami kasih uang jajan. sama ntu calo yang ngebawa per orang 100 ribu.. busyeett...belum juga di terima udah di palak..huufftt.. sesudah sampai di kantor PJTKI kami kemudian di interview dan medikal cek up.. semuanya gratis..perusahaan yang nanggung.. pada waktu interview yang kedua..gue baru nyadar..bahwa sebenarnya total biaya cuman 13,juta..gue gedek kepala waktu manajer PJTKI ngomong gitu.. tapi kenapa si karyawan yang ngedaftarin bilangnya 25 juta..??
tarwaadd...tarwaadd.. gue di bohongi abis abisan...semmpruull.. tapi mau gmn lagi,,perjanjian udah jadi.. akhirnya gue cuman bisa merenung..kagak nyangka..padahal dia masih tetangga sama gue..
tiba waktunya interview yang terakhir.. dan gue menjadi orang nomor satu yang di ajukan ke perusahaan jepang... data data gue langsung di fax..ke jepang sana.. gue juga ga tahu,,mungkin karena pengalaman gue lebih banyak dari peserta yang lain..
setelah data di terima oleh perusahaan jepang..ternyata hasil medikal gue kagak memenuhi syarat.. adduuhhh...mussmmeett.. dengan terpaksa posisiku di gantikan orang lain.. tapi yaa..alhamdulillah.. gue kagak kena tipu calo..gkgkgk
naahh..buat kamu kamu yang pengen kerja di luar negeri..ati ati yaa..?? banyak penipuan..diruang lingkup perusahaan jasa tenaga kerja.. kamu kamu harus berani ngomong..cari informasi yang sebenar benarnya.. jangan sampai kena tipu...okee..?? hehehe GOOD LUCK aja daacchh..see you.. wassalam..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kehidupan TKI korea

kerja di KOREA..

Mana yang benar untuk penggunaan Laptop, Charge terus atau saat lowbat saja?